Langsung ke konten utama

Tugas Ke-1 Inovasi SI & New Technology

Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi  
& Review Google Digital Wellbeing




Secara pengertian, apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi adalah hal yang berbeda, dijelaskan sebagai berikut,

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. 

sedangkan,

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. 
Dalam konteks Perusahaan, perbedaan keduanya merupakan sebuah status/jabatan serta wewenang didalamnya, secara detail yaitu Sistem informasi mencangkup seluruh sistem didalam perusahaan secara keseluruhan termasuk teknologi informasi,akuntansi, manajemen, dll di dalamnya, sedangkan teknologi informasi ada untuk membantu/menunjang kegiatan sistem informasi, diantaranya pembuatan hardware, software, network, database, dll.

Munculnya Teknologi Sebagai alat Komunikasi

Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi juga tak lepas dari sejarah peradaban manusia di Bumi ini. Pada zaman dulu penyampaian informasi juga dilakukan mulai dari gambar-gambar yang terletak pada dinding gua, peletakan tonggak sejarah berupa prasasti. Berikut ini adalah sejarah perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mulai dari zaman pra-sejarah sampai ke zaman modern sekarang ini.

1.     Masa Prasejarah

Pada zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini, manusia mulai mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian melukiskannya pada dinding gua tempat tinggalnya. Awal komunikasi mereka pada zaman ini hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.

Pada zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
  • 3000 SM

Untuk yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.
  • 2900 SM

Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu rangkaian, maka akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
  • 500 SM

Manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media untuk menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media informasi.
  • 105 M

Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.

2.     Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang)

  • Tahun 1455
Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.
  • Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.
  • Tahun 1837

Telegraf dan Penemunya (Samuel Morse) Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal-sinyal yang dapat dikirim dengan baik hanya berada dalam jarak 32 km. Untuk jarak yang lebih jauh, sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam. Kemudian, Morse membangun peralatan relai yang ditempatkan di setiap 32 km dari stasiun sinyal.
  • Tahun 1877

Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.
  • Tahun 1889

Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.
  • Tahun 1931

Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
  • Tahun 1939

Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. Mengenai sejarah perkembangan komputer ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya.
  • Tahun 1969 – 1990

Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking) diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET di antaranya adalah kaidah rangkaian tanpa pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaidah pertukaran paket (packet switching).

Pada 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.

Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.
  • Tahun 1991 – Sekarang

Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya. Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).

Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

Perkembangan Software


Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami perkembangannya. Berdasarkan perkembangannya, Sejarah Perkembangan Software Komputer dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer :

1.     ERA PERTAMA (PIONEER)

Pada era pioneer inilah terbentuk software komputer pada awalnya berupa sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, cara dalam mengakses komputernya menggunakan Punched Card yaitu kartu yang dilubangi. Penggunaan komputer dengan sebuah program yang digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era pioneer ini, software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah Hardware Komputer.

a. Batch orientation
Suatu orientasi di mana proses dilakukan setelah data dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu, atadilakukan setelah data terkumpul, lawan dari batch adalah ONLINE atau Interactive Process.
Keuntungan dari Interactive adalah mendapatkan data yang selalu up to date.

b. Limmited distribution
Suatu penyebaran software yang terbatas pada perusahaan-perusahaan tertentu.

c. Custummer software
Software yang dikembangkan berdaasarkan perusahaan-perusahaan tertentu.

2.     ERA KEDUA (STABIL)

Pada era stabil, Software Komputer yang dijalankan, tidak lagi mengakses satu-satu, era stabil sudah menggunakan banyak proses yang dilakukan secara bersamaan atau juga sering disebut dengan Multi Tasking. Software Komputer pada era stabill ini, juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (Multi User) dengan cepat/langsung(Real Time). Di era inilah mulai dikenal dengan Sistem Basis data.yang memisahkan antara program dan data.

a. Multi user
Suatu sistem di mana satu komputer digunakan oleh beberapa user pada saat yang sama.

b. Real time
Suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari berbagai sumber, mengontrol proses dan menghasilkan output dalam mili second.

c. Database
Perkembangan yang pesat dari alat penyimpan data yang Online menyebabkan muncul generasi pertama DBMS (DataBase Management System).

d. Product Software
Adalah software yang dikembangkan untuk dijual kepada masyarakat luas.

3.     ERA KETIGA (MIKRO)

Pada Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)

a. Distibuted system
Suatu sistem yang tidak hanya dipusatkan pada komputer induk (Host computer), daerah atau bidang lainnya yang juga memiliki komputer yang ukurannya lebih kecil dari komputer induk. Lawan dari distributed system adalah Centralized System.

b. Embedded intellegence
Suatu product yang diberi tambahan “Intellegence” dan biasanya ditambahkan mikroprocessor yang mutakhir. Contohnya adalah automobil, robot, peralatan diagnostic serum darah.

c. Low cost hardware
Harga hardware yang semakin rendah, ini dimungkinkan karena munculnya Personal Computer.

d. Consumer infact
Adanya perkembangan komputer yang murah menyebabkan banyaknya software yang dikembangkan, software ini memberi dampak yang besar terhadap masyarakat

4. ERA KEEMPAT (MODERN)

Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.

a. Expert system
Suatu penerapan A.I. (Artificial Intellegence) pada bidang-bidang tertentu, misalnya bidang kedokteran, komunikasi, dll.

b. AI Machine
Suatu mesin yang dapat meniru kerja dari sebagian otak manusia. Misalnya mesin robot, komputer catur.

c. Parallel Architecture
Arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor berbeda dalam satu komputer.

Perkembangan Hardware


Seperti halnya Software,Hardware juga berangsur-angsur mengalami perkembangannya. Berdasarkan
perkembangannya, Sejarah Perkembangan Software Komputer dibagi dalam beberapa era yaitu :

Perkembangan periode sebelum tahun 1940 yang  dikatakan sebagai evolusi komputer dengan teknologi mekanik. Sejak jaman purba sampai saat ini bisa dapat digolongkan ke dalam 4 golongan besar :

1.    Peralatan manual:
yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.

2.    Peralatan Mekanik:
yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.

3.    Peralatan Mekanik Elektronik:
Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatisoleh motor elektronik.

4.    Peralatan Elektronik:
Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

Contoh : Abacus, Kalkulator roda numerik

Kalkulator Roda Numerik

1.     Generasi Pertama (1946-1959)


Generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa (vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya. Komputer generasi pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar. Komputer dalam prosesnya serta pembuatnya masih menggunakan komponen yang besar-besar.

Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :
a. Ukuran fisiknya besar.
b. Kecepatan prose lambat.
c. Cepat panas.
d. Membutuhkan listrik yang besar.
e. Menggunakan tabung hampa udara (Vaccum tube).
f. Memorinya menggunakan Magnetic Core Storage.
g. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
h. Menggunakan konsep Stored Program.

Contoh komputer generasi pertama :
- MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
- ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator), dibuat oleh DR. John W. Mauchly pada tahun 1942. Komputer ini berukuran besar dan berat fisiknya mencapai 30 ton.
- SEC (Simple Electronic Computer), dibuat oleh Electronic Computation Laboratory of Birkbeck College pada tahun 1951.
- Datamatic 1000 (dibuat oleh Honeywell).
- NCR 102A, NCR 102D (dibuat oleh National Cash Register).

2.     Generasi Kedua (1959-1965)



Pembuatan komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk menyempurnakan bentuk dari komponen dan penggunaan listrik yang lebih hemat.

Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan transistor.
b. Ukuran fisiknya lebih kecil.
c. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
d. Tidak cepat panas.
e. Membutuhkan listrik lebih sedikit.
f. Memori yang digunakan lebih besar.
g. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language).
h. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).

Contoh komputer generasi kedua :
- IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- Honeywell 400, Honeywell 800 (dibuat oleh Honeywell).
- Burroughs 200 (dibuat oleh Burroughs).
- GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
- UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
- NCR 300 (dibuat oleh National Cash Register).

3.     Generasi Ketiga (1965-1970)


Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu, komputer generasi ketiga telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat dibandingkan komputer generasi kedua dan ukuran fisiknya dibuat menjadi lebih kecil, agar dapat menghemat penggunaan ruang.

Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Komponen telah menggunakan IC (Integrated Circuit) atau yang disebut “chip” dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
b. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
c. Membutuhkan listrik lebih hemat.
d. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
e. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
f. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi programming.
g. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).

Contoh komputer generasi ketiga :
- GE 600, GE 235 (dibuat oleh General Electric).
- Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700 (dibuat oleh Burroughs).
- UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).

4.     Generasi Keempat (1970-1995)


Komputer generasi keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan.

Komputer generasi keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a. Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah chip.
b. LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
c. Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang membuat rangkaian-rangkaian terpadu.

Contoh komputer generasi keempat :
- IBM 370 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- APPLE II (dibuat oleh Apple).
_________________________________________________________________________________
Review Google Digital Wellbeing



Siapa yang tidak mengenali kata kata Google, sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring yang sebagian besar labanya berasal dari AdWords

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil". Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

Tentu banyak produk yang dihasilkan oleh Google, seperti Android, Web Search (Google.com), Youtube dan lainnya. Pada review ini, yang akan dibahas adalah Google Digital Wellbeing, yaitu fitur terbaru dari Android Pie.



Di era serbagawai ini, smartphone sudah menjadi sesuatu yang lekat dengan aktivitas sehari-hari. Mengambil foto, mendengarkan musik, radio, bersosialisasi, semua bisa diakses dari sebuah perangkat yang portabel.

Namun, di balik semua kemudahan tadi, ada adiksi yang membayangi pengguna. Ketergantungan terhadap smartphone dan kehidupan virtual sudah jadi hal yang tidak dipisahkan, sejalan dengan kemudahan yang ditawarkan peranti smartphone.

Google melalui Android 9.0 Pie ingin mengubah hal ini dengan meluncurkan fitur Digital Wellbeing, 1 set fitur yang didesain untuk menyeimbangkan aktivitas di smartphone dan kehidupan sehari-hari.

Seperti apakah Digital Wellbeing, dan bagaimana implementasinya pada Android 9.0 Pie?

blog.google
Diluncurkannya Android 9.0 Pie merupakan awalan dari penerapan Digital Wellbeing yang mengiringi deretan pembaruan fitur. Google menyebut Digital Wellbeing sebagai penyeimbang dari distraksi yang seringkali datang dari smartphone dan ragam aplikasi yang ada di dalamnya, dengan menaruh pengukur durasi penggunaan aplikasi secara individual.

Dikutip dari commonsensemedia.org, digital well-being (DWB) berfokus pada ketiga hal berikut. 
  • Perusahaan teknologi yang selayaknya mendesain aplikasi yang minim sisi adiksi. Menjunjung tinggi nilai sosial daripada keuntungan finansial. Dan mendukung riset tentang dampak teknologi.
  • Orangtua dan pendidik yang melek pada dampak baik dan buruk teknologi. Serta mendukung perilaku media digital yang baik.
  • Publik yang sadar dan faham informasi yang baik dan kredibel di dunia digital. Dan mendorong mereka untuk menyadari perspektif bias yang mungkin muncul di dunia maya.

Secara garis besar, digital wellbeing diperuntukan untuk melacak penggunaan aplikasi pada smartphone atau tablet, di mana pengguna bisa mengatur batasan waktu untuk penggunaan gadget 

Memahami kebiasaan ber-smartphone user

blog.google

Digital Wellbeing pada Android 9.0 Pie menghadirkan satu laman pada Settings yang melampirkan informasi lengkap seputar kebiasaan ber-smartphone, yang meliputi durasi penggunaan aplikasi secara individual, berapa kali smartphone di-unlock, dan jumlah total notifikasi yang hadir dalam satu hari.

Digital Wellbeing ini akan berintegrasi dengan beragam aplikasi Google dan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan estimasi waktu yang dihabiskan pengguna, dan memberi opsi pembatasan akses yang bisa disetel lewat Dashboard yang padat fitur.

Penggunaan Dashboard untuk mengatur penggunaan aplikasi

blog.google

Fitur utama pada Dashboard dari Digital Wellbeing adalah:
  • App Timers untuk mengatur batasan waktu penggunaan aplikasi tertentu, untuk menjaga produktivitas dan fokus pekerjaan dari distraksi beragam aplikasi smartphone yang kian adiktif
  • Do Not Disturb untuk menyingkirkan notifikasi yang seringkali memecah konsentrasi kerja dan membuat pengguna terdistraksi untuk memakai smartphone begitu notifikasi tiba. Fitur ini akan menghentikan sementara gangguan visual ketika smartphone sedang dalam kondisi
    stand-by.
  • Wind Down untuk memaksimalkan waktu istirahat kamu, dengan menonaktifkan beberapa fungsi pada smartphone ketika waktu tidur tiba. Tersedia opsi untuk mengubah warna menjadi hitam putih atau grayscale, berikut dengan fitur Do Not Disturb dan Night Light yang aktif secara otomatis ketika waktu tidur tiba.
Fitur khusus untuk penggunaan streaming YouTube

Meski YouTube versi mobile merupakan salah satu penyumbang keuntungan terbesar Google, Android 9.0 Pie akan mengingatkan pengguna untuk beristirahat sejenak dari aktivitas binge watch seri YouTube favorit.

Dengan hadirnya Android 9.0 Pie, fitur Digital Wellbeing diharapkan bisa mengembalikan fokus dan menyeimbangkan aktivitas ber-smartphone dan rutinitas harian.

Dari review di atas maka secara garis besar, digital wellbeing diperuntukan untuk melacak penggunaan aplikasi pada smartphone atau tablet, di mana pengguna bisa mengatur batasan waktu untuk penggunaan gadget. Namun sangat disayangkan, banyak pengguna Android Pie yang masih belum mengetahui tentang fitur Digital Wellbeing yang dirasa bermanfaar untuk pembatasan penggunaan smartphone.


SEKIAN,
TERIMA KASIH :)



Sumber:

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Papua, Tanah yang Terlupakan Di Makan Kerakusan

       Papua adalah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat. Sejak tahun 2003, dibagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur tetap memakai nama Papuasedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Papua memiliki luas 808.105 km persegi dan merupakan pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di Indonesia. "TANAH YANG TERLUPAKAN DIMAKAN KERAKUSAN" " kerakusan media massa, dan pemerintah indonesia, menutupi hal hal sampai kita terlupakan masig ada segelintir surga yang diberikan ke bumi Indonesia, maka dengan latar belakang seperti itu, saya menyajikan berbagai adat-istiadat yang ada di Papua[Irian Jaya] dan dalam rangka pemenuhan tugas Ilmu Budaya Dasar " Jika dilihat-lihat kembali Banyak adat istiadat di Papua[Ir

Tugas PTSC 1 - Peluang Dan Tantangan Bidang Sumber Daya Manusia Dalam Indudtri 4.0

  Kelompok 4 3KA01 Alif Murti Prakoso (10118533) Farhan Andika (12118506) Mochammad Khalish Mulyadi (14118187) Salsabila Adinda (16118474) Tirta Dharma Wijaya Hendrawan (17118092 ) Ringkasan Paper Pengantar Teknologi Sistem Cerdas   Perkembangan teknologi di setiap zaman selalu memberikan pengaruh terhadap kehidupan manusia. Revolusi industri pertama berlangsung pada tahun 1700-1800-an , teknologi mesin uap dan tenaga air yang berlangsung di Eropa membuat kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat berubah. Dalam dunia industri perkembangan manajemen sumber daya manusia juga dimulai dengan dimunculkannya pengaturan upah, pembagian tanggung jawab atau divisi, pengaturan waktu kerja dan semakin meningkatkan tingkat urbanisasi. Perkembangan teknologi mesin-mesin dengan tenaga uap dan batubara pada era revolusi industri pertama itu kemudian itu berkembang lagi dengan ditemukannya listrik pada awal tahun 1900-an, tepatnya antara tahun 1870-1969. Pada era ini perkembangan m